Tuesday, January 26, 2016

Candi Ijo: Satu-satunya Candi Tertinggi di Yogyakarta

Yogyakarta, bisa dibilang sebagai kota seribu candi. Salah satu cagar budaya yang mempunyai nilai historis tersebut adalah Candi Ijo. Seperti pada judul, Candi Ijo adalah satu-satunya candi tertinggi di tanah kerajaan Mataram. Candi Ijo berdiri di puncak sebuah gunung dengan ketinggian 375 di atas permukaan laut atau (Mdpl).

Nama dari Candi Ijo berasal dari letak candi itu sendiri yang berada di bukit berwarna hijau oleh rerumputan. Dalam pembangunan Candi Ijo sendiri diperkirakan dibangun pada kisaran abad ke-10 sampai abad ke-11 Masehi. Pada abad tersebut pula telah berdiri sebuah kerajaan Medang.

Bangunan Candi Ijo

Candi Ijo memiliki candi utama yang berdiri tegak di tengah-tengah candi kecil di sebelah baratnya. Seperti inilah bentuk dari bangunan Candi Ijo. Sedangkan candi kecil yang berada di barat dari Candi Ijo berjumlah tiga buah candi.
Komplek cagar budaya Candi Ijo di Jogja
Bentuk bangunan dari Candi Ijo
Sumber: putrinyanormal.com
Kompleks cagar budaya Candi Ijo di Jogja
Teras bagian bawah dari Candi Ijo
Sumber: putrinyanormal.com
Cagar Budaya Candi Ijo di Jogja
Bangunan utama dari Candi Ijo
Sumber: 1hal.com
Tiga bangunan kecil dari Candi Ijo
Sumber: thdpranata.com
Cagar Budaya Candi Ijo di Jogja
Bagian dalam dari Candi Ijo
Sumber: Shubh Mohan Singh


Pemandangan di Candi Ijo

Panorama alam di Candi Ijo memang tidak bisa diragukan lagi mengingat letak candi yang berada di dataran tinggi ini akan menyajikan pemandangan yang terhampar seluas barat kota Jogja. Dari Candi Ijo, pengunjung dapat melihat dengan jelas ke arah barat di letak dari Bandara Adi Sutjipto hingga puncak Gunung Merapi. Selain itu, Bukit Bintang akan terlihat begitu dekat dari Candi Ijo.

Tempat indah di Candi Ijo untuk menikmati sunset di Jogja
Terhampar pemandangan kota Jogja dari Candi Ijo
Sumber: pegipegi.com

Baca juga: ROMANTISNYA BUKIT BINTANG DI JOGJA

Berburu Sunset di Candi Ijo

Candi Ijo dapat Anda jadikan tempat untuk menikmati detik-detik tenggelamnya sang mentari. Ketinggian dari Candi Ijo akan sangat membantu Anda untuk mengabadikan Anda dengan sunset dengan sebuah alat bantu seperti kamera.
Tempat indah di Candi Ijo untuk menikmati sunset di Jogja
Tampak para pengunjung Candi Ijo sedang menikmati indahnya bangunan candi dan pemandangannya.
Sumber: pegipegi.com
Tempat indah di Candi Ijo untuk menikmati sunset di Jogja
Suasa sore hari di Candi Ijo.
Sumber: pegipegi.com
Tempat indah di Candi Ijo untuk menikmati sunset di Jogja
Indahnya menikmati detik-detik tenggelamnya matahari dari Candi Ijo.
Sumber: Ratna Photography
Tempat indah di Jogja untuk menikmati sunset
Detik-detik tenggelamnya mentari di balik Candi Ijo
Sumber: dwidayatour.co.id
Tempat indah di Jogja untuk berburu sunset
Menimati sunset atau mentari tenggelam dari Candi Ijo.
Sumber: beatifulindonesia.com

Panorama ke arah barat dari Candi Ijo

Tempat indah di Candi Ijo untuk menikmati sunset di Jogja
Pemandangan ke arah barat dari Candi Ijo.
Sumber: putrinyanormal.com
Tempat indah di Candi Ijo untuk menikmati sunset di Jogja
View yang bisa pengunjung nikmati dari Candi Ijo
Sumber: putrinyanormal.com
Tempat indah di Candi Ijo untuk menikmati sunset di Jogja
Indahnya hamparan hijau dari Candi Ijo
Sumber: putrinyanormal.com

Fasilitas dan Retribusi di Candi Ijo

Untuk fasilitas di Candi Ijo cukup memadai dengan adanya toilet umum yang tersedia di komplek candi atau pun yang disediakan oleh warga setempat. Untuk menggunakan toilet tersebut, pengunjung dapat mengeluarkan uang kebersihan seikhlasnya.

Sedangkan untuk retribusi masuk ke Candi Ijo gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun. Pengunjung hanya diwajibkan mengisi buku tamu yang disediakan oleh petugas di pintu masuk Candi Ijo.

Fasilitas lainnya adalah ruang parkir, pengunjung dapat memarkirkan kendaraan roda dua atau pun mobil di dekat kompleks Candi Ijo. Biaya parkir di Candi Ijo cukup murah, berikut paparannya.

MotorMobil
Rp 3.000,00Rp 5.000,00

Tips Berkunjung Ke Candi Ijo

Candi Ijo selalu mempunyai keistimewaan tersendiri daripada candi-candi pada umumnya, mengingat Candi Ijo yang berada di dataran tinggi, pengunjung dapat mengabadikan keindahan kota Jogja dan sekitarnya dari Candi Ijo. Mengingat Candi Ijo yang berada bukit yang cukup tinggi inilah pengunjung sebaiknya memperhatikan keprimaan dari kendaraan yang digunakan.

Kendaraan

Sepanjang jalan menuju Candi Ijo, kendaraan dari pengunjung akan dipaksa untuk menikmati medan yang menanjak. Oleh sebab itu, pastikan kendaraan yang Anda gunakan benar-benar dalam keadaan prima. Perhatikan kesiapan mesin kendaraan hingga roda atau ban kendaraan Anda.

Cuaca

Mungkin sebagian dari pengunjung datang ke Candi Ijo ingin berfoto-foto dengan latar pemandangan candi atau panorama di sekitarnya. Jika niatnya seperti itu, cuaca harus jadi pertimbangannya. Anda tidak ingin kan datang ke Candi Ijo namun cuaca sedang hujan. Oleh sebab itu, jika Anda ingin berkunjung ke Candi Ijo pastikan cuaca cukup kondusif untuk digunakan plesiran.

Peralatan

Gunakan peralatan seperti kamera atau handphone yang telah siap untuk digunakan, sebaiknya batre dari peralatan tersebut dalam keadaan penuh. Pengunjung akan dihadapkan dengan banyaknya objek untuk diabadikan.

Waktu

Jika Anda pergi ke Candi Ijo untuk berburu sunset, ada baiknya datang sebelum pukul 17:00 WIB. Anda dapat berangkat dari pusat kota Jogja sekitar pukul 15:30 WIB agar dapat menikmati dan mengambil banyak foto sebelum akhirnya yang dinanti-nati seperti detik-detik matahari tenggelam dari Candi Ijo.

Lokasi Candi Ijo

Candi Ijo berada di wilayah Dukuh Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman Yogyakarta. Untuk memudahkan pengunjung menuju ke Candi Ijo, berikut adalah rute munuju Candi Ijo.
Peta untuk menuju Candi Ijo berikut berangkat dari Pasar Prambanan dan Polsek Piyungan. Silahkan menentukan sendiri ingin berangkat darimana.

Rute ke Candi Ijo dari Pasar Prambanan



Rute ke Candi Ijo dari Polsek Piyungan



Video di Candi Ijo

Untuk menambah keyakinan Anda berkunjung ke Candi Ijo, silahkan simak video yang diambil di Candi Ijo Yogyakarta berikut ini.

Masukkan email untuk berlangganan artikel LookJogja secara gratis:

Delivered by FeedBurner