Friday, March 11, 2016

Bra dari Batok Kelapa Asal Jogja yang Menembus Pasar Jamaika dan Maladewa

Kelapa, adalah salah satu pohon yang mempunyai cukup banyak manfaat. Mulai dari daun hingga akar semuanya bisa dimanfaatkan. Pohon yang terkenal dengan buahnya ini sering dijadikan kerajinan oleh para pengrajin di Jogja.
Bra Batok Kelapa dari Jogja yang Menembus Pasar Jamaika dan Maladewa
Kerajinan batok kelapa yang disulap menjadi bra berhasil menembus pasar ekspor Jamaika dan Maladewa.
Sumber: jogja.co
Salah satu pengrajin yang berhasil membuat Bra (BH) atau pakaian dalam wanita dari batok kelapa adalah Asmawi. Ia adalah salah satu pengrajin yang memanfaatkan pohon kelapa untuk dijadikan pernak pernik sampai dengan hiasan yang terbuat dari batok kelapa.

Awalnya pria yang tinggal di Umbulharjo Yogyakarta tersebut hanya iseng-iseng saja untuk membuat bra dari batok kelapa, mengingat waktu itu pesanan dari kerajinan yang ia buat mengalami penurunan permintaan. "Waktu itu kan produk kerajinan batok sepi permintaan.  Ya kita bikin cari ide baru lagi. Niatnya si untuk lucu-lucuan." Ungkapnya seperti yang dikutip dari Okezone.com
Bra Batok Kelapa dari Jogja yang Menembus Pasar Jamaika dan Maladewa
Sumber: Danang/Okezone
Tidak dinyana ternyata bra batok ciptaannya ini dapat menembus pasar ekspor di Jamaika dan Maladewa. Untuk melakukan pengeksporan barang kerajinannya ini, Asmawi menggandeng eksportir asal Bali yang telah lebih dulu bermain dalam dunia ekspor barang-barang kerajinan.
Suka plesiran? Coba kesini > AURA MAGIS AIR TERJUN KEDUNG PEDUT KULONPROGO
Untuk memenuhi permintaan pasar di Jamaika dan Maladewa terhadap kerajinan bra dari batok kelapa ini, Asmawi mampu memproduksi hingga 1000 bra batok kelapa. Omset yang diterima oleh Asmawi dalam satu kali pengiriman bra batok kelapa tersebut, ia mengaku mampu mengantongi omset hingga 12 juta rupiah. Harga yang ditawarkan untuk satu produknya adalah Rp 12.000,00.

Masukkan email untuk berlangganan artikel LookJogja secara gratis:

Delivered by FeedBurner