Saturday, January 2, 2016

Hutan Pinus Ala Twilight di Imogiri

Seberapa sering Anda pergi ke alam dan menikmati hamparan pepohonan hutan? Jika Anda tidak pernah pergi ke hutan, sebaiknya Anda mampir ke Hutan Pinus Jogja. Hutan yang lebat akan pohon pinus tumbuh dengan lebat di hutan ini. Hutan Pinus berada tak jauh dari Kebun Buah Mangunan, tepatnya berada di kecamatan Dlingo kabupaten Bantul provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Masih asri dan lebatnya pepohonan pinus di hutan tersebut membuat Hutan Pinus tersebut bak hutan dalam film Twilight. Tak jarang Hutan Pinus dijadikan untuk berfoto oleh para pengunjung hingga dijadikan tempat pengambilan gambar pra-pernikahan atau prewedding.

Hutan Pinus yang berada di Imogiri ini sering dikaitkan dengan hutan pinus yang ada di Texas Amerika Serikat. Silahkan Anda cari di mesin pencari seperti Google dalam pencari gambar dan gunakan kata kunci "a texan pine forest". Hasil pencarian akan menampilkan hutan-hutan pinus yang ada di Texas. Kenapa harus pergi jauh sampai ke Amerika Serikat jika di Indonesia saja ada tempat seindah ini?

Sekarang Hutan Pinus telah dikelola denga baik oleh penduduk sekitar. Fasilitas seperti tempat parkir, hingga toilet tersedia di sana. Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir bila mana ada kebutuhan mendadak seperti 'panggilan jiwa alam'.

Hutan Pinus Imogiri selain dijadikan tempat foto-foto juga dapat dijadikan untuk liburan bersama keluarga atau pasangan. Telah tersedia area-area untuk tikar Anda. Selain itu juga di Hutan Pinus Jogja ini dapat dijadikan untuk kemah atau camping. Jika Anda berniat untuk camping di Hutan Pinus, persiapkan ongkos yang lumayan gede untuk bisa camping di Hutan Pinus. Biaya camping di Hutan Pinus adalah sebesar Rp 20.000,00 perorang dan Rp 5.000,00 untuk parkir kendaraan.

Jika Anda hanya ingin menikmati suasana Hutan Pinus Mangunan pada pagi sampai sore hari, Anda hanya dikenakan biaya parkir saja. Harga parkir untuk kendaraan roda dua Rp 3.000,00 dan Rp 10.000,00 untuk kendaraan roda empat. Tidak ada tiket masuk di Hutan Pinus ini dan buka setiap hari.

Apa yang bagus di Hutan Pinus Imogiri?

1.  Pohon pinus yang lebat bak dalam film Twilight
Hutan Pinus Ala Twilight di Imogiri
Lebatnya pohon pinus yang tumbuh di Hutan Pinus Imogiri bak seperti hutan pinus dalam film Twilight
sumber: mp3smas.blogspot.com
Jika Anda pernah menonton film Twilinght, pasti Anda akan melihat hutan yang dipenuhi oleh pohon-pohon pinus. Begitulah keadaan di Hutan Pinus Jogja tersebut. Sangat disayangkan bilamana Anda pergi kesana tanpa mengabadikan menggunakan kamera. Jika Anda suka berfoto, tidak ada salahnya memasukkan Hutan Pinus Imogiri dalam list daftar foto Anda, pasalnya tempat ini sangat recommended untuk hunting foto khususnya di daerah Yogyakarta.

2.  Sunrise
Sunrise di Hutan Pinus Ala Twilight di Imogiri
Menikmati pagi ditemani oleh mentari pagi yang bersinar di Hutan Pinus Imogiri
sumber:  papabackpacker.wordpress.com
Lagi-lagi Imogiri menampilkan suasa pagi yang indah dengan sunrise atau matahari terbit yang bisa dinikmati baik di Hutan Pinus ini atau pun Kebun Buah Mangunan. Jika Anda bermalam di Hutan Pinus dengan cara camping, jangan bangun kesiangan, karena sangat di sayangkan bilamana Anda tidak menyaksikan matahari terbit.

3.  Pemandangan
Pemandangan hutan di Hutan Pinus Ala Twilight di Imogiri
Menikmati pemandangan pepohonan pinus yang masih lebat dan asri di Hutan Pinus Imogiri
sumber: malesmandi.com

Selain hamparan pohon pinus di hutan ini, Anda dapat menikmati hamparan hutan-hutan di sekeliling di Hutan Pinus tersebut. Jika Anda datang pada musim penghujan maka dapat dipastikan hamparan hutan tersebut akan berwarna hijau segar, namun jika Anda datang pada musim kemarau, Anda hanya akan menyaksikan hutan yang berwarna coklat.

4. Melihat pemotretan prewedding
Salah satu lokasi yang sangat bagus untuk dijadikan pengambilan gambar prewedding di Jogja
Salah satu lokasi yang sangat bagus untuk dijadikan pengambilan gambar prewedding
sumber: prewedding.poetrafoto.com
Sudah banyak pasangan yang memilih dan menjadikan Hutan Pinus di Jogja ini sebagai tempat pengambilan gambar pra-pernikahan atau prewedding. Kita dapat menyaksikan pengambilan gambar mereka dengan cuma-cuma alias gratis. Bagi sebagian pengunjung yang belum menikah mungkin berkeinginan untuk menjadikan Hutan Pinus sebagai lokasi prewedding.

5.  Berkemah
Berkemah di hamparan lebatnya pohon pinus yang berada di Hutan Pinus Imogiri
Berkemah di hamparan lebatnya pohon pinus yang berada di Hutan Pinus Imogiri
sumber: beranda.co.id
Seperti yang telah diulas di atas, di Hutan Pinus Imogiri ini dapat dijadikan salah satu keinginan Anda untuk bermalam di alam terbuka.

Tips dan persiapan menuju lokasi Hutan Pinus Imogiri

1.  Persiapan waktu
Jika Anda ingin ke Hutan Pinus tidak berniat untuk bermalam (camping), usahakan untuk datang pada pagi hari atau siang hari. Jangan sampai Anda datang Hutan Pinus ketika sore hari karena di Hutan Pinus masih sangat minim penerangan dan dapat dipastikan akan gelap gulita jika malam sudah datang.

2.  Persiapan kendaraan
Persiapkan kedaraan yang akan Anda gunakan menuju Hutan Pinus Imogiri. Medan jalan yang akan ditempuh hampir sama seperti menuju ke Kebun Buah Mangunan. Banyak tanjakan yang menghadang dan memaksa kendaraan Anda untuk tetap dalam keadaan prima.

3.  Persiapan Pribadi
Persiapkan kebutuhan yang perlu Anda bawa seperti halnya alat-alat untuk mengambil gambar jika Anda suka berfoto. Pastikan kamera, smartphone atau action camera dalam keadaan batre yang cukup.

Jalan Menuju Hutan Pinus Imogiri

Jalan menuju hutan Pinus tidak begitu berbeda seperti rute ke Kebun Buah Mangunan. Jika ingin ke Kebun Buah Mangunan Anda diharuskan untuk berbelok maka Anda lurus saja. Berkaitan karena di Google Maps daerah Hutan Pinus belum terindex, akan kami berikan rute yang sama untuk menuju ke Kebun Buah Mangunan. Berikut kami berikan peta dari Terminal Giwangan menuju Hutan Pinus Imogiri Kebun Buah Mangunan Imogiri.

Masukkan email untuk berlangganan artikel LookJogja secara gratis:

Delivered by FeedBurner