Monday, February 1, 2016

Aura Magis Air Terjun Kedung Pedut Kulonprogo

Kapan terakhir Anda menikmati air sungai atau air terjun yang mempunyai warna putih jernih dan biru? Mungkin beberapa orang sudah lama tidak menikmatinya atau bahkan tidak pernah sama sekali. Mengingat zaman sekarang pembangunan dan pencemaran lingkungan marak dilakukan dan sulit untuk dikendalikan. Namun, bila Anda berkunjung ke tempat-tempat yang jarang dijamah orang, Anda akan menemukan sungai yang bersih dan jernih.

Air Terjun Kedung Pedut

Salah satu mata air yang sampai tahun ini mempunyai aura magis dengan pemandangan yang eksotis adalah Air Terjun Kedung Pedut yang berada di Kabupaten Kulonprogo. Aura magis di sini maksudnya mempunyai lingkungan yang sulit untuk dipercaya, seperti halnya air yang ada di Kedung Pedut ini. Airnya berwarna biru (biru toska) dan sangat jernih. Sulit ditemui pada zaman sekarang. Selain itu, di tempat ini juga mempunyai kolam alami yang disebut dengan Kedung. Kedung sendiri artinya cekungan yang membentuk sebuah kolam.

Objek wisata Air Terjun Kedung Pedut di Kulonprogo
Kedung Pedut di Kabupaten Kulonprogo.
Sumber: instagram.com/shobek_corp
Air Terjun Kedung Pedut ini belum lama diresmikan menjadi objek wisata alam di Kulonprogo. Air Terjun Kedung Pedut diresmikan menjadi objek wisata pada tahun lalu yaitu tahun 2015. Walau pun belum lama dibuka menjadi objek wisata, tempat ini telah menyita banyak perhatian masyarakat khususnya nge-hit-ers pecinta alam.

Lokasi Kedung Pedut

Lokasi dari Kedung Pedut ini sendiri tidak bisa diakses menggunakan kendaraan. Pengunjung diharuskan untuk berjalan kaki dari tempat parkir. Antara lokasi Kedung Pedut dengan tempat parkir cukup jauh, kira-kira 400 meter. Sepanjang jalan menuju Kedung Pedut dari tempat parkir, pengunjung akan disuguhi suasana pedesaan yang masih asri. Perjalanan dengan berjalan kaki menuju Kedung Pedut sekitar 25-30 menit. Berikut foto jalan menuju Kedung Pedut yang dapat pengunjung nikmati.

Aura Magis Kedung Pedut Kulonprogo
Tempat parkir pengunjung yang ingin ke Kedung Pedut.
Sumber: titik0jogja.blogspot.com
Aura Magis Kedung Pedut Kulonprogo
Rute menuju lokasi Kedung Pedut Kulonprogo.
Sumber: titik0jogja.blogspot.com
Sepanjang jalan menuju Kedung Pedut, ada beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman. Jika Anda lupa membawa air minum, Anda dapat membelinya di warun-warung tersebut. Selain itu, sepanjang jalan menuju Kedung pedut ini terdapat tempat istirahat. Anda dapat menjadikan tempat tersebut untuk sekedar mengambil nafas untuk kemudian melanjutkan perjalanan.

Biaya di Kedung Pedut

Karena Kedung Pedut telah menjadi objek wisata, maka setiap pengunjung diharuskan membayar biaya retribusi atau biaya masuk objek wisata. Besaran biaya yang harus dikeluarkan setiap pengunjung cukup murah. Berikut biaya yang wajib pengunjung bayarkan ketika mengunjungi objek wisata Air Terjun Kedung Pedut yang ada di Kulonprogo.

No
Biaya
Harga
1RetribusiRp 3.000,00/orang
2Parkir MotorRp 2.000,00
3Parkir MobilRp 5.000,00

Fasilitas di Kedung Pedut

Fasilitas di objek wisata di Kedung Pedut ini masih dalam tahap pembangunan, hal tersebut terlihat dengan perbaikan jalan yang diperkeras dan tersedianya bak sampah. Diharapkan para pengunjung tidak membuang sampah sembarangan dan ikut menjaga alam agar tetap indah dan bersih.

Panorama Alam Kedung Pedut

Berikut adalah beberapa dokumentasi yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan untuk menuju ke objek wisata Kulon Progo Kedung Pedut.
Foto-foto indahnya Kedung Pedut
Aura Magis Kedung Pedut Kulonprogo
Berenang di Kedung Pedut Kulonprogo.
Sumber: mandrapahlawa.blogspot.com
Aura Magis Kedung Pedut Kulonprogo
Berenang menggunakan ban di Kedung Pedut.
Sumber: jogja.tribunnews.com
Aura Magis Kedung Pedut Kulonprogo
Indahnya air yang mengalir di Kedung Pedut Kulonprogo.
Sumber: mandrapahlawa.blogspot.com
Aura Magis Kedung Pedut Kulonprogo
Warna air yang bening biru di Kedung Pedut.
Sumber: piknikasik.com
Aura Magis Kedung Pedut Kulonprogo
Indahnya Kedung Pedut di Kulonprogo.
Sumber: nstagram.com/wisnulockers
Aura Magis Kedung Pedut Kulonprogo
Pemandangan Kedung Pedut dari atas.
Sumber: instagram.com/suryojdb

Tips di Kedung Pedut

Pastikan diri Anda dan kendaraan yang Anda gunakan dalam keadaan siap tempur alias siap menerjang segala medan dan rintangan. Bawalah bekal seperti air minum secukupnya, baik perjalanan dari Jogja ke Kulonprogo dan dari tempat perkir ke lokasi Kedung Pedut.

Bawalah baju ganti jika Anda ingin berenang di Kedung Pedut. Jangan lupa bawa kantong plastik agar baju basah yang Anda gunakan tidak membasahi barang-barang lain yang Anda bawa.

Ke Kulonprogo? Jangan lupa mampir ke Kalibiru

Selebihnya, dapat Anda sesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan dan keperluan Anda mengunjungi Kedung Pedut.

Peta Menuju Kedung Pedut Kulon Progo

Tempat wisata Kulon Progo Air Terjun Kedung Pedut ini sangat begitu indah. Perjalanan dari pusat kota Jogja sampai ke Kulonprogo dan Kedung Pedutnya membutuhkan perjuangan yang cukup. Mengingat Kedung Pedut ini berada di pegunungan yang mengaharuskan para pengunjung untuk naik turun di sepanjang medan perjalanan.

Selain itu, medan yang harus ditaklukkan menuju Kulonprogo ini membutuhkan stamina fit dari pengunjung dan dari kendaraan yang digunakan. Sesampainya di lokasi parkir yang berada di Desa Jatimulyo, pengunjung diharuskan berjalan kaki, medan yang naik turun harus ikhlas ditempuh oleh pengunjung.

Sesampainya di lokasi yaitu Kedung Pedut, pengunjung akan merasa puas dan lega. Karena proses dan hasil akan sebanding bahkan lebih dari itu.

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut berada di Desa Jatimulyo, Dusun Kembang, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Berikut rute menuju objek wisata Kedung Pedut dari Tugu Jogja.


Video Wisata Alam di Air Terjun Kedung Pedut Kulonprogo

Berikut adalah video yang berada di tempat wisata Kedung Pedut. Semoga dapat menjadi bahan referensi Anda berwisata ke tempat ini.

Masukkan email untuk berlangganan artikel LookJogja secara gratis:

Delivered by FeedBurner